Distribusi Kelambu Malaria, Masyarakat Sehat Menuju Luwu Timur Terkemuka

Desa Tawakua Kecamatan Angkona, Kabupaten Luwu Tmur

Dinas Kesehatan (Dinkes) bersama dengan UPT Puskesmas Kec. Angkona, Kab. Luwu Timur menggelar Distribusi Kelambu Malaria di Desa Tawakua Kec. Angkona (Senin 15 april 2019).

Distribusi / Pembagian Kelambu anti nyamuk di Desa Tawakua , Kecamatan Angkona tersebut diserakkan langsung secara simbolis oleh bapak bupati beserta Dinas Kesehatan Kab. Luwu Timur.

Kepala Desa Tawakua (SUPRAWOTO ) memaparkan tentang Desa Tawakua yang terdiri dari 6 (enam) dusun, 27(dua puluh tujuh) RT dengan jumlah KK 927 KK.

Dari tahun 2015-2016 terdapat kasus penularan malaria di Desa Tawakua yang ditularkan oleh masyarakat yang merantau dari luar desa tawakua (Morowali, Papua dan NTT).

Untuk  dampak tersebut, maka dilakukan upaya penanggulangan untuk mengurangi resiko penularan malaria pada Thn 2017 pemerintah bekerjasama dengan pihak kesehatan melakukan inovasi dengan langkah-langkah sebagai berikut :

1. Mencatat penduduk yang keluar/masuk Desa Tawakua

2. Menghimbau kepada petugas kesehatan untuk pemeriksaan rutin

3. Jika hasil pemeriksaan Positif, maka dilakukan tindakan pengobatan

4. Untuk tahap pemulihan, diberikan kelambu malaria secara keseluruhan.

Ucapan terima kasih oleh Kepala Desa Tawakua kepada Bapak Bupati Luwu Timur yang mana di sela-sela kesibukannya, masih sempat datang di Desa Tawakua dalam bentuk wujud kepedulian kepada masyarakat.

Oleh Bapak Bupati Luwu Timur (Ir. H. M.TORIQ HUSLER) menerangkan bahwa Program Pemerintah terkait kesehatan masyarakat di berikan Piagam penghargaan kepada UPT yang aktif mencegah penyakit malaria, dengan pendistribusian kelambu anti malaria, kepedulian pemerintah untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terutama penyakit malaria.

Pada kesempatan yang sama, Bapak Bupati Luwu Timur mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak I KETUT IRAWAN BUDIARTA  S.IP, Selaku camat Angkona, Bapak JUMARDI, S.KM, Selaku Ka, Puskesmas Kec. Angkona atas kerja kerasn dan supportnya dalam memberantas penyakit malaria hingga mendapatkan penghargaan “SURVEILANS MIGRASI AKTIF”  dari Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit.

Kata Beliau di akhir sambutannya, Dari seluruh Kecamatan yang ada di Luwu Timur, Kecamatan Angkona termasuk yang terbaik dalam penanganan penyakit malaria.

Harapan Beliau Kepada Pemerintah Kecamatan Angkona, UPT Puskesmas beserta jajarannya supaya dapat meningkatkan partisipasi dalam mempertahankan “PONDOK MALARIA” dengan kelambu kita semua dapat mewujudkan masyarakat sehat menuju Luwu Timur Terkemuka (PPID Angkona, senin, 15 april 2019)

     

Kontak

  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  085342955771
  Jl. Reformasi Desa Solo

Kunjungi Sosial Media