Desa Lamaeto Mewakili Kecamatan Angkona

Pada Lomba Desa Tingkat Kab. Luwu Timur Tahun 2019

     
     

Upaya memberdayakan masyarakat melalui penguatan kelembagaan, peningkatan motivasi, partisipasi masyarakat dan swadaya gotong royong masyarakat di Desa dan kelurahan perlu dilakukan perlombaan desa dan kelurahan secara terarah, terkoordinasi, terpadu dan berkelanjutan.

Desa Lamaeto adalah salah satu desa yang ada di Kecamatan Angkona, Kab. Luwu Timur, Propinsi Sulawesi Selatan yang terpilih sebagai perwakilan Kecamatan untuk mengikuti Lomba Desa di tingkat Kabupaten, yang sebelumnya telah dilakukan lomba Desa di tingkat Kecamatan.

Oleh ketua Tim Penilai Lomba Desa dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa tingkat Kabupaten mengatakan bahwa Penilaian Lomba Desa merupakan agenda rutin setiap tahun berjalan yang dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten, dan bahkan sampai ke tingkat Nasional dikarenakan merupakan program Pusat Dengan 3 (tiga) indikator yaitu: Pemerintahan, Kewilayahan, dan Lingkungan. Kegiatan penilaian lomba desa ini dilaksanakan di Desa Lamaeto Kecamatan Angkona Kabupaten Luwu Timur pada hari Jumat tanggal 12 April 2019.

Di tempat yang sama, Djumardah selaku Pejabat Kepala Desa Lamaeto, Kec. Angkona memaparkan tentang gambaran umum Desa Lamaeto yang terletak pada koordinat 20 570 LS 1200 960 BT yang luasnya ± 912 Ha, terdiri dari 5 dusun dan 16 RT jumlah KK 596 dengan jumlah penduduk 2.113 Jiwa yang terdiri dari Laki-laki 1.102 jiwa dan perempuan 1.011 jiwa, dimana mayoritas penduduk desa Lamaeto berprofesi sebagai Petani, dan mempunyai Sumber Daya Alam diantaranya terdapat 3 (tiga) titik mata air yang sangat berpotensi untuk sumber air bersih dan embung. Harapan ke depan bagaimana pihak pemerintah memanfaatkan SDA tersebut demi kepentingan masyarakat.

Di tempat yang sama pula, I Ketut Riawan Budiarta, S.IP, selaku Camat Angkona menyampaikan bahwa “kegiatan Lomba Desa bukan hanya untuk di nilai saja tapi segala kelengkapan Administrasi merupakan tugas  tanggung jawab dan Kinerja Pemerintah Desa,  Harapan kami pembinaan, bimbingan dari tingkat Kabupaten lebih ditingkatkan dan dapat kami terapkan ke Desa –desa lain yang berkedudukan di Kecamatan Angkona, yang paling penting dalam lomba desa ini adalah bagaimana kita tetap membangun gotong royong di masyarakat, jadi tidak hanya dilakukan penilaian semata-mata, melainkan ada nilai kebersamaan dan gotong royong yang terbangun, sehingga mendukung dan saling mendorong untuk kegiatan-kegiatan yang bermanfaat di masyarakat”.

(PPID, Jumat, 12 April 2019).

Kontak

  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  085342955771
  Jl. Reformasi Desa Solo

Kunjungi Sosial Media