KECAMATAN ANGKONA GELAR UPACARA

HARI KESAKTIAN PANCASILA

Selasa, 1 Oktober 2019, Segenap Stakeholder Lingkup Pemerintahan Kecamatan Angkona Memperingati   “Hari Kesaktian Pancasila”.  Hadir pada upacara antara lain Para Kepala Instansi se-Kec. Angkona, Para Kepala Desa Se-Kec. Angkona, Kepala Puskesmas, Kepala KUA. PLKB dan lain sebagainya. Upacara yang berlangsung  hikma ini  di mulai dengan mengheningkan  cipta di pimpin oleh Pembina Upacara,  Kemudian Pembacaan Teks Pancasila  yang di ikuti oleh  seluruh peserta upacara, Selanjutnya Pembacaan Pembukaan UUD RI tahun 1945 dan Ikrar oleh Pembina Upacara.

LOMBA CIPTA MENU DAN DAUR ULANG DI KECAMATAN ANGKONA DALAM RANGKA MEMERIAHKAN HUT RI KE-74 TAHUN 2019

Kecamatan Angkona Kab.Luwu timur mengadakan lomba Cipta Menu  dan Daur Ulang berbasis pangan local Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) yang digelar oleh PKK Kecamatan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-74 di Kec. Angkona pada tanggal 8 Agustus 2019.

KEGIATAN SUNATAN MASSAL DI KEC. ANGKONA

Program Sunatan Massal Gratis berlangsung di Kecamatan Angkona pada hari rabu, tanggal 10 Juli 2019 tepatnya di kantor Desa Lamaeto bekerja sama dengan pihak terkait diantaranya Forum Bikers Womantorauna, Puskesmas Angkona, dan Dokter dari Rumah Sakit Umum Pemerintah Daerah Kab. Luwu Timur.

Ulasan Bapak Camat Angkona I KETUT RIAWAN BUDIARTA, S.IP, Kegiatan  Sunatan Massal Gratis seperti ini bermanfaat   dan sangat tepat sasaran untuk kalangan keluarga yang kurang mampu, apalagi menjelang tahun ajaran baru, otomatis perlu biaya untuk persiapan anak sekolah, harapan beliau kegiatan seperti ini mudah-mudahan dapat berlanjut di masa masa yang akan datang, dan tidak hanya kali ini saja. sebagai bentuk peduli  dan kewajiban bagi sesama untuk saling membantu.

UPACARA PITRA YADNYA (NGABEN)

Kamis, 26 September 2019 di Lapangan Balirejo di Desa Balirejo Kec. Angkona sedang dilaksanakan upacara Pitra Yadnya yaitu ngaben  oleh umat yang beragama Hindu. Kegiatan ngaben kali ini dilaksanakan secara massal. Pada umumnya, jenazah yang meninggal dunia mayatnya bakal dikubur. Namun lain halnya dengan jenazah keluarga kaum hindu, ada ritual khusus yang perlu   dilakukan untuk mengantar kepergian jenazah untuk selama-lamanya. Ritual tersebut tidak lain adalah upacara ngaben yang dilakukan dengan tata cara yang  khusus seperti ritual keagamaan yang begitu penting dan tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Pada pelaksanaannya upacara ini kerap dilakukan dengan begitu megah dengan iringan banyak orang dan hiasan yang megah pula.

Upacara ngaben memiliki  3 (tiga) tujuan , yang pertama adalah sebagai bentuk pelepasan Roh atau Sang Atma dari belenggu duniawi, pada tahap berikutnya pelepasan ini menjadi sarana untuk mempermudah Roh bersatu dengan Tuhan. Tujuan berikutnya adalah dengan mengembalikan unsur utama yang membangun badan kasar manusia, seperti tulang, Daging dan Kuku. Tujuan terakhir adalah sebagai Simbolisasi dari pihak Keluarga sebagai bentuk keikhlasan atas kepergian jenazah.

KEGIATAN PEMBUKAAN PERAYAAN HUT-RI KE-74 DI KEC. ANGKONA

Demi Negara yang kita cintai NKRI, sudah selayaknya kita memperingati HUT setiap tahun berjalan sebagai bentuk kecintaan kita kepada para pejuang-pejuang kita , para pahlawan kita hingga tercapailah kemerdekaan seperti yang kita rasakan sekarang ini.

UPACARA HARI KESADARAN NASIONAL DIRANGKAIKAN DENGAN RAPAT KOORDINASI

LINTAS KECAMATAN ANGKONA

 

Upacara hari Kesadaran Nasional memiliki makna penting yang harus diperingati oleh segenap Aparatur Sipil Negara (ASN). sebagai bentuk pemantapan kualitas pengabdian serta meningkatkan kecintaan kepada bangsa dan negara.

Juga merupakan salah satu wujud nyata pelaksanaan tugas dan tanggung jawab yang di amanahkan kepada ASN.